Follow us on FB

12/03/09

Blog Sebuah Visualisasi Eksistensi Blogger

Aneh rasanya kalau berkecimpungan di dunia internet tidak pernah menemukan kata blog. Blog merupakan visualisasi eksistensi seseorang di internet. Sebuah website yang memuat tulisan tentang opini, pengetahuan, pengalaman ataupun catatan pribadi seseorang bersifat atraktive dan online.


Blog berasal dari kata Website blogwebblog. Jadi sebenarnya blog itu sama dengan website. Cuma disini sifat dari menu blog yang (selalu) up to date itulah yang memunculkan perbedaan mendasar dengan website normal.

Kebanyakan website ‘normal’ isi atau konten-nya selalu itu-itu saja - statis . Sekali di muat ‘sedikit kemungkinan’ untuk ada pembaharuan dalam waktu relative singkat. Sedangkan blog setiap saat; sesuai kemauan pengelola/pemilik, isi dapat diperbaharui dengan artikel / postingan terbaru. Bahkan sangat terbuka kesempatan bagi pembaca untuk berinteraksi dengan pemilik melalui komentar-komentar di bawah setiap postingan.

Banyak pendapat yang berkembang tentang arti dari blog itu sendiri. Ada yang menyebut blog itu sebagai diary elektronik; sebagai catatan seseorang selama berinternet, ada juga yang mengatakan blog itu adalah website pribadi yang berisi catatan tentang situs-situs yang pernah dikunjungi lengkap dengan komentar/opini. Semuanya benar selama dilihat dari tujuan dan peruntukan dari blog itu sendiri.

Istilah webblog pertama di populerkan oleh seorang pria asal Yellow Spring, Ohio, USA bernama John Barger sekitar Desember 1997. Istilah tersebut dia gunakan untuk menamai beberapa link ( situs ) yang telah di kunjunginya di ranah dunia maya. Istilah blog itu sendiri melalui campur tangan seorang Peter Merholz.

Jadi kalau ditarik kesimpulan arti blog adalah sebuah website pribadi yang merupakan visualisasi eksistensi seseorang di internet melalui artikel opini, pengetahuan, pengalaman atau catatan pribadi yang up to date dan ditampilkan secara kronologis di mana terbuka kesempatan untuk pembaca berinteraksi langsung melalui komentar dengan pemilik atau pengelola website.



Postinga Terkait Silahkan.....



0 komentar:

Posting Komentar

 
Johan Blog ©  2009