Follow us on FB

25/01/09

Ilmu Pertama Berinternet

Masuk dalam dunia internet pertama kali seakan-akan masuk sebuah hutan belantara. Semua terasa asing lembab penuh gejolak yang bisa mengakibatkan perasaan tidak menentu. Jadi tidak heran hal ini membuat kita yang baru mengenal internet gelagapan. Tidak pernah terlintas dalam benak langkah apa yang harus dilakukan untuk pertama kali.

Internet merupakan sebuah dunia lain dari dunia nyata yang kita hadapi sehari-hari. Sebuah dunia yang begitu luas, karena disini telah berkumpul berbagai macam ras bangsa manusia. Berbagai kegiatan, blog, bisnis, belajar, chatting, bisnis online dan sebagainya. Semua secara tidak sadar telah bersatu untuk saling memberi, mempengaruhi serta bertujuan mencari kesempatan untuk menikmati peluang yang ada.

Untuk bisa terlibat dan membaur dengan mereka lengkap dengan kegiatan online-nya, yang sudah terlebih dahulu ada, kita harus mengenal berbagai macam cara. Ada yang bergabung melalui chatting, forum-forum, jaringan social atau tampil dengan kegagahannya sebagai blogger yakni membuat blog. Salah satu sarana komunikasi yang lazim digunakan adalah email.

Email atau electronic mail atau lebih kerennya lagi disebut surat elektronik selanjutnya disebut kotak surat. Sebuah cara baru untuk berkomunikasi dengan pihak luar secara cepat, praktis, ekonomis dan mutakhir.

Ambil contoh kita mau menghubungi kolega di luar negeri, dengan menggunakan alat komunikasi yang terlebih dahulu; surat atau telephone; kita harus menunggu dalam waktu yang relative lama serta mungkin biaya tinggi apalagi kalau dilampiri dengan berbagai document.

Lain halnya dengan email, sekitar 20-30 menit ( hitung dari menulis) saja kita sudah bisa menerima balasan dari penerima surat yang kita kirim. Selama orang yang kita hubungi juga terlayani jaringan internet, serta online, maka dalam waktu singkat semua informasi berupa tulisan, foto, video atau sebagainya bisa diterima dan dinikmati kolega kita.

Begitu hebat fungsi dan kegunaan email. Jadi tidak salah kalau dikatakan bahwa salah satu alat komunikasi internet tercepat dan tercanggih. Sebagai pendatang baru atau netter newbie langkah pertama yang harus dibuat adalah membuat dan memiliki hal ini sehingga kalau di tanya alamat emailnya bisa mengatakan dengan benar.

Bagaimana cara memiliki alamat email ? Dimana bisa membua email ? terus Bagaimana cara membuat email ? Pertanyaan - pertanyaan itu pasti bergelayut dipikiran kita yang menyandang predikat "pendatang baru".

Kalau pertanyaan itu muncul, ingatan saya teringat kejadian dua tahun lalu. Pertama kali kenal internet, 'amat terpaksa'. Seorang teman - teman kita bilang- mengajak saya terlibat dalam bisnis online yang sedang dilakukan. Karena tertarik dengan bisnis tersebut, sayapun bersedia ikut dengan nilai lebih, teman tersebut harus mengajarkan saya bagaimana berinternet. Dari dasar. Bagaimana menghubungi telkom untuk memasang speedy, bagaimana mulai konek ke internet dan sebagainya. Itu harapan saya. Karena terus terang sudah lama saya ingin berinternet akan tetapi tidak ada keberanian / kurang percaya diri karena merasa tidak ada yang bisa membimbing saya.

Apa jadinya. Karena saya ini orang tidak sabaran, semua pengetahuan dasar tentang internet (secara umum) saya minta di ajari oleh teknisi yang memasang speedy di rumah. Teknisi itu juga yang mengajari saya membuat email pertama kali. Ternyata langkah saya tidak salah juga, karena memang ada kewajiban sosial bagi teknisi tersebut untuk mengajari nasabah seperti saya.

Baru setelah beberapa waktu kemudian saya mengetahui kenapa beberapa email saya tidak pernah dibalas oleh teman saya yang telah mengajak berbisnis online. Ternyata selama kurun waktu dia ikut bisnis online, tidak bisa memanfaatkan surat canggih itu secara maksimal. Dia hanya mengetahui alamat email, pasword, dengan membaca email saja. Ironis memang, saya ketahui setelah suatu hari teman saya itu datang minta tolong pada saya untuk mengajari cara membuat, menulis email serta memperkenalkan beberapa fungsi dasar. Dari pengakuan beliau, orang yang mengajak dia yang membuatkan email sebagai alamat bisnis onlinenya sedangkan dia sendiri 'amat' kawatir mengotak-atik dunia barunya itu.

Nah...tentunya kita semua tidak ingin mengalami kejadian seperti cerita saya di atas. Jadi nggak lucu donk kalau ada ungkapan "hare gene belom tau cara buat email ?"

Bagi kebanyakan orang yang aktif beraktifitas di internet, keberadaan surat elektronik ini sangat mutlak. Untuk bisa memiliki alamat emeil bisa dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan nama sendiri tanpa ada kaitan dengan pihak lain. contoh : petualangan@transtv.com; liputan6@sctv.com dan sebagainya. Mereka ini adalah kelompok yang sudah mampu membeli dan membayar fasilitas email mereka sendiri. Tidak disarankan untuk Newbie mengikuti langkah pertama. Langkah kedua aja. Alamat email berbayar.

Cara kedua adalah dengan menggunakan fasilitas email gratis dari pihak-pihak yang sudah berlebihan modal sehingga mempunyai kesenangan untuk memberi kesenangan kepada orang lain. Coba perhatikan email saya: ptrader17@yahoo.co.id ; apa hubungan saya dengan sang adik raksasa mesin pencari? Tidak ada hubungan sama sekali. Sekedar nebeng dengan fasilitas mereka.

Sebenarnya sekarang ini, banyak sekali para pengusaha internet yang berusaha memanjakan para pengguna layanan mereka, dengan memberikan berbagai macam fasilitas gratis yang bisa digunakan sepuasnya. Akan tetapi cukup saya referensikan kalau membuat email gunakan fasilitas gratis dari google dengan gmail.com -nya. Kemudian pilihan kedua atau pelengkap bisa membuat email gratis di yahoo.com dengan embel-embel belakang yahoo.co.id atau yahoo.com

Kenapa saya cuman referensikan dua jalur itu saja, karena kedua penyedia fasilitas email gratis ini saja yang benar-benar serius memberikan kemudahan bagi penggunanya. Fasilitas gratis yang mereka berikan kaya akan fitur-fitur tambahan yang sangat berguna bagi gerak langkah kita berinternet.

Nah..udah tahu kan apa itu email. Mungkin kalau belum praktek kita masih bingung and pusing membayangkan. Tapi tidak usah sampai minum poldanmig, karena setelah postingan ini saya akan lanjutkan dengan postingan tentang cara membuat email secara gratis di kedua mesin pencari yang telah saya sebutkan di atas.

Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa :

Email atau electronic mail atau surat virtual adalah sebuah sarana komunikasi via internet yang bisa menghubungkan pengguna satu dengan pengguna lain secara cepat dan efesien dari segi waktu dan biaya. Setiap orang yang yang ingin beraktifitas menggunakan media internet harus memiliki alamat surat ini baik secara berbayar ataupun secara gratis. Sebenarnya inilah Ilmu Internet yang Pertama harus di miliki setiap netter untuk berinternet.

Salam,
Johan

Postinga Terkait Silahkan.....



0 komentar:

Posting Komentar

 
Johan Blog ©  2009